Search This Blog

Monday, December 21, 2015

Teknik Memasang Resleting Jepang Tanpa Sepatu Jahit Jepang

Assalamualaikum. Hai, jumpa lagi di blogku. Untuk postingan kali ini, aku akan ajarkan cara memasang resleting jepang tanpa harus memakai sepatu jahit jepang. Terus terang aku sendiri masih kesulitan jika harus menjahit memakai sepatu jahit khusus resleting jepang. Hasilnya selalu tidak pas. Yah, mungkin karena aku belum mahir memakainya. Buat sebagian penjahit pasti lebih mudah menjahit resleting jepang memakai sepatu jahit jepang. Kenyamanan masing-masing penjahit.....he he he.

Aku sendiri lebih nyaman memakai teknik ini. Berikut teknik memasang resleting jepang tanpa sepatu jahit jepang:

1. Untuk latihan awal kita pake saja sisa kain. Potong ukuran 12 x 40 cm sebanyak 2 lembar. Ini adalah bagian depan kain.

Tahap 1 Menjahit Resleting Jepang

2. Beri jarak 3 cm pada masing-masing kain. Gunakan kapur jahit untuk menandainya.

Tahap 2 Menjahit Resleting Jepang

3. Pasang resleting jepang di kain sebelah kanan terlebih dulu. Perhatikan posisi resleting. Bagian gerigi resleting menghadap ke atas. Kemudian paskan dengan garis bantu tadi.

Tahap 3 Menjahit Resleting Jepang

4. Tandai bagian akhir kepala resleting, lalu naikkan sebesar 3 cm ke atas sebagai penanda batas jahitan.

Tahap 4 Menjahit Resleting Jepang

5. Gunakan sepatu jahit berkaki satu untuk menjahit resleting. Jahit resleting dari atas. Posisi jarum jahit mepet dengan bagian gerigi resleting. Jahit dari atas hingga batas akhir jahitan tadi.

Tahap 5 Menjahit Resleting Jepang

6. Setelah bagian kanan terjahit, sekarang giliran sebelah kiri. Langkahnya sama seperti sebelah kanan. Hanya saja pada saat menjahit resleting, jahitnya dari bawah ke atas.

Tahap 6 Menjahit Resleting Jepang

7. Setelah keduanya terjahit, balik, dan tarik resleting ke atas. Ini hasilnya. Bagian resleting tidak terlihat. Makanya disebut invisible zipper. Jika setelah dibalik bagian resleting masih terlihat, berarti sewaktu menjahit kurang mepet sekali dengan resleting. Ulangi langkah menjahitnya.

Tahap 7 Menjahit Resleting Jepang

8. Balik dan tumpuk kedua bagian depan kain. Kemudian dari batas akhir jahitan tadi, tandai jarak lebar 3 cm ke bawah. Bagian resleting yang tidak terjahit, didorong keluar dan sematkan jarum pentul. Tujuannya agar nanti pada saat menjahit, sisa resleting ini tidak ikut terjahit. Kemudian jahit tanda garis tersebut.

Tahap 8 Menjahit Resleting Jepang

9. Setelah dijahit, baliklah. Sekarang bagian ini sudah terjahit dan tertutup semua.

Menjahit Resleting Jepang Tanpa Sepatu Jepang

Kalian bisa memakai teknik ini atau teknik dengan sepatu jahit jepang. Sesuaikan dengan kenyamanan kalian ^_^ Untuk menonton videonya, kalian bisa klik di sini. Oke, sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat. Terima kasih dan Salam ^_^

2 comments:

  1. Jazakillah khoir mba... bermanfaat sekali utk aku yg baru mulai belajar menjahit..

    ReplyDelete
  2. Mbak...mesin jahit jadul bisa pakai macam2 jenis sepatu juga gak? Bisa gak yah pake jahit zigzag?

    ReplyDelete